Membuat Antena TV Sederhana

Iseng gak ada kerjaan, baru beres sidang S1 nunggu wisuda 2 bulan lagi. Beberapa hari yang lalu setelah DVD ROM rusak besoknya monitor rusak :-? alhamdulillah urusan akademik udah beres! Hehe. Nah, tiba2-tiba kepikiran untuk bikin antena rakitan soalnya gambar Metro TV masih aja semutan, yang lain sempurna kecuali beberapa TV lokal Bandung.

Setelah googling, wow, ternyata ada master antena yang ngeblog! thanks to mas mul yang udah menjabarkan desain antenanya di sini :) Nah, karena waktu masih saja luang, sebagai calon pengangguran baru saya iseng bikin deh. Mirip dengan desain mas mul, bedanya cuma satu, saya gak pake kayu, kertas, atau kardus, tapi botol air meneral kemasan bekas, hehehe. Oh iya, ternyata benar 2 jam beres!

Oh iya, sebelumnya TV tuner saya hanya pakai kabel antena dan dicolokin ke TV tuner pake jack antena sudah dapat beberapa channel tapi masih bintik-bintik, walaupun beberapa sudah jernih.

Ini dia bahan yang saya pakai. Bambunya gak jadi dipake, karena akhirnya si antena butterfly (fly: terbang kalo kena angin) di pasang di seng pemisah kamar yang “mungkin” berfungsi jadi reflektor raksasa :D

Go green! Re-use barang bekas! (botol air mineral 1,5 liter) Sesuai hitungan mas mul (maka: panjang potongan botol 5 cm)

Seperti desain mas mul, saya pakai ukuran yang beliau sarankan di sini.

Saya pakai baut untuk menempelkan seng ke potongan botol plastik, biar lebih mantap

Ini penampakannya, jarak antara seng kupu-kupu 2 cm!

Bagian reflektornya saya ikat ke botol pakai plastik pakai tali “yang buat ngikat kabel itu lho”

Tada! So, this is it … wkwk!

Karena kamar kosan saya di lantai 2 , ternyata gak perlu tinggi-tinggi amat. Saya pasang di seng pemisah dengan kamar kosan sebelah. Tinggi dari lantai sekitar 1 meter. Channel better than before! (anehnya: beberapa stasiun TV lokal masih semutan) Masih belum puas dengan hasil gambarnya, jadi pengen beli booster. Tapi, so far syukurii appa yanggg adaaaaaa, hidup adaaaaalah aaanugrah . Thx.

About these ads
Dengan kaitkata , , ,

18 thoughts on “Membuat Antena TV Sederhana

  1. leo mengatakan:

    maz mau tanya..untuk pemasangan kabel antena ke driver itu gimana….tlong diperjelas lagi kalau bisa lewat gambar..suwun… (balas ke emailku ya maz)

    • miphz mengatakan:

      yg belakang itu namanya reflektor, yg depan (kupu-kupu) adalah drivernya … kabel antena (serabut dan yg kawat) tinggal di bagi dua buat masing-masing sayap kupu-kupu itu, hehe

  2. triyono mengatakan:

    kalo di pasang di daerah saya gimana gan saya tinggal di daerah pekalongan dimana disini tv2 yang gk terkenal gk dpt chanel… soalnya antena yg agan bikin gak ada mesinnya….. gimana tu gan… ???? kalo bisa balasan lewat sms aja gan di 087711714481 . maternuwon…

  3. sakrani mengatakan:

    cara bikinya lebih terperinci dong……………………………..///';

  4. Oom joko mengatakan:

    ada yg kurang tuh

  5. iyan mengatakan:

    makasih gan ilmunya

  6. khoiry mengatakan:

    ukuran kupu-kupu berapa?????????

  7. agustomank mengatakan:

    mau antena yg ngusir semut di tv mampir di blogku aza

  8. farid mengatakan:

    salam kenal mas,

    mas saya iseng bikin dari bekas penggorengan (katel) dan untuk kupu2 pakai bekas tutup panci, masih banyak semut dan audio nya tidak ada. kira2 kurang apa yah ?

    • miphz mengatakan:

      sama-sama,

      Wah saya kurang tau, tapi membuat antena ada prinsip-prinsip dan hitungan tertentu agar frekuensi bisa benar-benar bisa tertangkap dgn baik, yg sy buat itu sudah ada contohnya, hasil penelitian … mungkin untk beberapa kasus ada di tempat-tempat tertentu yg bisa dgn hanya dgn panci, tapi mungkin tidak dengan yg jauh dari pemancar misalnya … silakan coba lagi

  9. Membuat Antena Tv Rakitan

    Dear All, membuat Antena Tv Rakitan Sendiri itu mudah, murah dan bisa berkualitas sekelas Antena Tv Buatan Pabrik. Asal ada bahan, waktu luang, kemauan dan kreativitas.

    Ayo jangan takut mencoba membuat Antena Tv Rakitan sendiri. Bahan yang di butuhkan sangat murah dan dari barang bekaspun bisa.

    Andapun bisa berkreasi membuat Antena Tv Rakitan Sendiri dan bisa menjadikannya sebagai Peluang Usaha serta usaha sampingan yang menjanjikan.

    Tunggu apa lagi, segera kunjungi blog : http://antenatv-rakitan.blogspot.com untuk informasi pembuatan Antena TV Rakitan Sendiri sekaligus informasi Peluang Usaha Antena Tv Rakitan Made in Indonesia.
    Salam Kreativitas.
    “Berbagi kebaikan itu indah”

  10. Suryadi Kombadeng mengatakan:

    salah pasang mungkin mas bro,, soalnya ane liat di blog lain,, kabel itu kan ada yg serabut ama kawat, kawat dililitin di sayap kupu2 satu dan yg serabut di sayap satunya…..
    tips buat reflektor sebaiknya di lubangi aja biar gak terbang bagi yg antenanya nempel di tiang,,,

  11. agustomank mengatakan:

    Coba buat yg pakai tutup panci di http://agustomank.wordpress.com/membuat-booster-uhf-untuk-tv/#comment-10183 trus bandingkan hasilnya ….

  12. johan cable Jual Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio Imam 08125245368 ,http://kabelantenaradio.blogspot.com/ http://kabelantena.wordpress.com/ http://johancable.indonetwork.net/

    johan cable

    Jual Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio
    Imam 08125245368

    Info Perusahaan

    Nama: Tn. Imam Effendy [Pemilik/Pengusaha]
    Nomer HP : +62-341-8609190
    Nomer Telpon : +62-8125245368
    Alamat: Jl. Balong Purworejo no. 10, Rt5/Rw3, karanglo Singosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia 65153 . ( Raya Malang-Surabaya, Sebelum Hotel Solaris/Depo Bangunan/Lampu Merah Bentoel jurusan Batu, di kanan jalan Masjid Karanglo jalan masuk ke kanan dari arah Surabaya )
    Malang 65153, Jawa Timur
    Indonesia

    Sifat Dasar Usaha: Dagang dari kategori Elektronik & Elektrik

    Berdagang segala macam kabel komunikasi ( Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio ) dan aksesorisnya hubungi johan 08125245368 bisa dikirim seluruh Indonesia

    Produk / Jasa Utama
    Menjual:
    Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio, serta aksesorisnya hubungi Bpk.Imam 08125245368
    http:/ / johancable.indonetwork.net ,

    Heliax, kabel 4 / 8, kabel 5 / 8, Kabel Feeder, Kabel Jumper, Konektor, Kabel Heliax, Kabel Coaxial, Kawat Baja Seling, Kabel Antena TV, Kabel Antena Radio, Kabel Antena TV Malang, Kabel Antena Radio Malang, Kabel Antena TV Surabaya, Kabel Antena Radio Surabaya, Kabel Antena TV, Kabel Antena Radio, Kabel Antena Malang, Kabel Antena Surabaya, Kabel Antena, Agen Kabel Anten, Agen Kabel Antena, Distributor Kabel Antena, Distributor Kabel Anten, Agen Kabel Anten Malang, Agen Kabel Antena Malang, Distributor Kabel Antena Malang, Distributor Kabel Anten Malang, Agen Kabel Anten Surabaya, Agen Kabel Antena Surabaya, Distributor Kabel Antena Surabaya, Distributor Kabel Anten Surabaya, johancable, johan cable,

    Bpk.Imam
    0341-8609190
    08125245368

    http://kabelantenaradio.blogspot.com/

    http://kabelantena.wordpress.com/

    http://johancable.indonetwork.net/

    ..

  13. Diki hendrawan mengatakan:

    bagus,,,,,

    tapi gan kabel jek nya sambungin kemanah mana,?

  14. FAJAR ANTENA mengatakan:

    yang sudah jadi ada murah meriah

  15. FAJAR ANTENA mengatakan:

    http://antenawajanbolikmurahberkwalitas.blogspot.com/

    lebih bagus bahannya fungsi dan prisnsip sama persis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: