Alhamdulillah Lulus Kuliah

Waktu berputar sangat cepat,

Gak kerasa 2 tahun lalu pernah nulis tentang  quarterlife crisis, lalu membayangkan setelah lulus kuliah mau ngapain. Sekarang nulis tentang masa-masa transisi antara setelah kuliah dengan bekerja.

Setelah sidang sarjana tanggal 25 Januari 2011 saya menghabiskan waktu bersantai sambil berjualan online untuk menunggu tanggal wisuda yaitu 20 April 2011. (Ceritanya kalau gak ada panggilan kerja ya mau fokus usaha/lanjut S2) Ternyata … penjualan Bulan Januari-Maret semakin hari semakin menurun,  keuntungan dipakai untuk keperluan pribadi, manajemen keuangan semakin amburadul, sampai akhirnya bangkruttt. YES!!! Hehe, Alhamdulillah diberi kegagalan, karena  resiko berbisnis kata orang sukses kan gagal = pelajaran untuk kesuksesan. Entahlah, jalani saja kehidupan ini … dan tetap melakukan yang terbaik untuk menyusun kepingan puzzle takdir kehidupan.

Waktu-waktu penantian Januari-Maret itu aku habiskan untuk bersilaturahim, nyambung ikatan-ikatan yang kendor bahkan terputus. Banyak hal yang kudapat, salah satunya tips melamar pekerjaan. Suatu ketika temannya teman mengatakan kalo ngelamar jangan cuma 2-3 perusahaan bro!!! Ahhh, ya iya lah gw juga tau … tiap  Sabtu  juga  gw beli koran buat nyari lowongan kerja, ikutan Job Fair, plus searching di internet tiap hari. Teman itu menjelaskan lebih lanjut, tips yang sama sekali gak pernah terpikir sebelumnya.

Saya menyombong – saya berkata kepadanya kalau saya sudah ngirim lamaran ke lebih dari 10 perusahaan via surat ataupun e-mail. Dia segera menyela, “brrroooo … baru 10 itu bukan usaha namanya, itu males!!! Ini jaman teknologi, pakai aja e-mail kenapa!?” Saya jawab, “gw jg pake e-mail kaleee …” Dia tiba-tiba berkata, “Temen gw ngirim lamaran via e-mail ke lebih dari 300 perusahaan!!!” (duar!!! kaget_red)

Wow, dia menjelaskan, nanti tinggal pilih-pilih aja, pasti ada yang nelpon/email, kalau cocok, langsung negosiasi gaji! Tolak-tolak aja tuh yang lu gak suka gajinya! Hahaha …😀

Tips di atas terbukti manjur, alhamdulillah, tanpa mengurangi kuasa-Nya … seminggu sebelum wisuda sudah ada yang menelpon dan membalas e-mail, mengundang untuk ikut wawancara. Saya pilih satu dan saya ikut wawancara tanggal 25 April 2011, akhirnya deal mulai kerja tanggal 2 Mei 2011. Tidak terbayangkan sebelumnya, packing barang-barang dalam waktu 7 hari harus sudah siap kerja senin berikutnya. Mondar-mandir angkat barang dari Bandung ke Jakarta, nyari kosan baru, ngapalin jalur angkot, dst.

Kerja deh, puji tuhan di bidang/karir yang saya idam-idamkan semenjak awal kuliah, semoga semuanya tetap berjalan lancar dan dimudahkan jalan untuk meniti karir, mengais sesuap nasi dan sepiring berlian di ibukota. Amin.

Dengan kaitkata , , ,

5 thoughts on “Alhamdulillah Lulus Kuliah

  1. Adda mengatakan:

    selamat datang di dunia kerja

  2. ajeng mengatakan:

    wah cepet ya kerjanya.. Belom seminggu wisuda udah ada panggilan kerja..

  3. Arif's writing mengatakan:

    alur kehidupannya udah kayak ftv aja … mengalir dan “mulus” hehe good luck ya pekerjaannya

    • miphz mengatakan:

      wew, anyway ternyata yg saya tulis kurang lebih simpul2 perjalanan secara umum, kalo cerita yg lebih detail tentu banyak hal-hal yang “nendang”, bagaimana perjalanan yang terseok-seok, himpitan persolaan, jeritan hati, hingga peliknya kisah asmara, hadeeeh😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: